Rabu, 22 Mei 2019

Sebelum Simulasi Kredit Mobil, Anda Wajib Tahu 5 Hal Ini

Simulasi kredit adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu secara kredit. Dengan simulasi ini, Anda sebagai konsumen memiliki gambaran pembayaran yang harus dibayarkan. Mulai dari cicilan tiap bulan, biaya administrasi, biaya asuransi serta biaya-biaya lainnya. Saat akan memutuskan membeli mobil misalnya, Anda perlu untuk melakukan kredit mobil terlebih dahulu.

Sebelum melakukan kredit, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal penting. Hal inilah nantinya yang menjadi acuan Anda dalam memilih lembaga pembiayaan yang sesuai dengan kondisi keuangan. 

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kredit Mobil

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sehingga mendapatkan bahan perbandingan yang sesuai.

1. Pilihlah Mobil Yang Need To Have
Jika Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil dengan sistem pembayaran kredit pastikan Anda memilih mobil yang need to have bukan nice to have. Maksudnya ketika Anda membeli mobil, Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan bukan membeli mobil hanya untuk mengikuti trend yang ada.

Misalnya Anda membeli mobil untuk keluarga maka pilihlah mobil yang kapasitasnya lebih besar bukan malah membeli mobil sport. Yang pastinya sesuaikan budget yang Anda miliki dengan harga mobil yang dibutuhkan dan kondisi keuangan Anda. Dan tentunya pilihlah mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car) yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

2. Proses Administrasi Mudah
Pilihlah lembaga pembiayaan (leasing) yang memberikan syarat pengambilan kredit dengan proses administrasi yang mudah. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan dokumen-dokumen yang memakan waktu yang lama. Jangan sampai proses administrasi yang ribet malah membuat waktu Anda tersita secara percuma.

Saat ini banyak lembaga pembiayaan yang hanya memberikan syarat yang mudah hanya fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) saja. Bahkan dengan jaminan uang muka Down Payment) yang ringan. Dan juga metode pembayarannya mudah.

3. Jangka Waktu Kredit (Tenor)
Salah satu hal yang perlu diperhatikan lainnya jika memutuskan untuk melakukan kredit mobil adalah jangka waktu kredit atau dikenal dengan istilah tenor. Ini bisa dibilang penting karena jangka waktu pembayaran yang Anda pilih sangat mempengaruhi cicilan yang akan Anda bayarkan. Anda dapat memilih metode pembayaran dengan cicilan perbulan bahkan pertahun.

Semakin panjang rentang waktu yang Anda pilih, maka semakin kecil cicilan yang Anda bayarkan. Aamun Anda juga harus memperhatikan suku bunga yang harus dibayarkan karena ada beberapa lembaga pembiayaan menawarkan suku bunga yang tinggi sehingga akan merugikan Anda ketika mengambil tenor dalam rentang waktu yang panjang.

4. Ada Jaminan Asuransi
Yang selanjutnya juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukan kredit. Biasanya sebuah lembaga pembiayaan pasti akan memberikan jaminan asuransi untuk mobil yang Anda kredit. Ini sebagai jaminan ketika Anda mengalami kemalangan seperti kecelakaan lalu lintas atau bahkan pencurian kendaraan. Disinilah peran besar jika Anda mengasuransikan mobil.

Sebuah lembaga pembiayaan (leasing) memberikan jaminan asuransi dengan menawarkan jenis asuransi yang harus Anda pilih. Mulai dari All Risk Comprehensive, menjamin semua biaya jika terjadi kerusakan terhadap kendaraan Anda dan total loss only, memberikan jaminan kerugian tehadap kendaraan yang mengalami kecurian dan mengalami kerusakan yang parah akibat kecelakaan.

5. Melakukan Perbandingan
Terakhir, hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan kredit mobil adalah melakukan perbandingan. Perbandingan disini dilakukan dengan melakukan review terhadap beberapa lembaga pembiayaan. Jangan hanya menjadikan satu lembaga pembiayaan sebagai acuan tapi pilihlah beberapa lembaga pembiayaan dan pilihlah lembaga pembiayaan yang paling menguntungkan untuk Anda.

Demikianlah 5 hal yang harus diketahui sebelum Anda melakukan kredit mobil.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar