Jumat, 23 Agustus 2019

Ingin ‘Isi Dompet’ Tetap Aman setelah Berkeluarga? Ikuti 6 Tipsnya Berikut Ini

Setelah berumah tangga, tentu mengatur keuangan keluarga menjadi hal yang sangat penting. Tak jarang kamu mengeluarkan uang setiap bulannya demi kebutuhan sehari-hari yang tidak ada habisnya. Jika kebutuhan lebih besar daripada budget yang dimiliki, biasanya kamu akan kewalahan sampai tidak bisa menabung. Dalam mengatasi permasalahan ini, Pinjaman dana online bisa menjadi salah satu jalan keluarnya.

Apa saja resiko yang akan dihadapi jika tidak pandai mengatur keuangan keluarga?

Jika tidak pandai dalam mengelola keuangan keluarga, tentu saja banyak resiko yang akan kamu hadapi. Saat keuangan tidak terkelola dengan bijak, maka kamu akan menjadi orang yang boros, tidak memiliki dana darurat, serta menjadi orang yang tidak disiplin. Jika kebiasaan tersebut tidak dihilangkan, maka kondisi finansialmu akan berantakan.

Agar kondisi keuangan keluarga tetap terjaga, ikuti tips-tips mengatur keuangan agar isi dompet tetap aman berikut ini.

1. Membuat Daftar Pengeluaran
Langkah yang pertama yaitu membuat daftar-daftar pengeluaran setiap bulan. Pisahkan dana yang akan dikeluarkan, seperti untuk tagihan listrik, air, makan sehari-hari, tabungan, asuransi, biaya transportasi, SPP anak, angsuran dan hiburan.

Daftar tersebut bisa kamu buat di buku catatan atau jika ingin lebih mudah bisa dibuat di aplikasi daftar pengeluaran yang bisa kamu pasang di smartphone. Langkah seperti ini akan memudahkan kamu dalam mengetahui jumlah pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulannya.

2. Membuat Kalender Tagihan
Agar pengeluaran lebih terarah, disarankan untuk membuat kalender tagihan. Kalender ini berfungsi sebagai pengingat tagihan biaya yang dikeluarkan setiap bulan atau setiap tahunnya. Tandai setiap tanggal berapa saja kamu harus membayar tagihan. Misalnya untuk tagihan pembayaran WiFi, pajak motor, pajak mobil, spp anak, arisan, cicilan,  bahkan utang untuk membayar pinjaman dana online jika ada. Pastikan tanggal tenggat waktu pembayaran agar tidak melewati batas akhir pembayaran.

3. Membayar Utang Jika Ada
Jangan biarkan utang menumpuk. Hutang yang menumpuk akan membuat kamu kerepotan dan pengelolaan keuangan akan menjadi tidak teratur. Bayarlah utang setiap minggu atau bulan, sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Cara mengatur keuangan rumah tangga sangat membantu pembayaran utang yang lebih efektif.

4. Menabung
Menabung merupakan salah satu langkah jitu dalam mengatur keuangan. Sisihkan sebagian uang dari penghasilan kamu setiap bulannya. Kebanyakan orang malah menyisakan uang, bukan menyisihkan, sehingga ketika akhir bulan selalu kekurangan dana untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Minimal kamu dapat menyisihkan 15 sampai 30 persen dari pendapatan bulanan.

Tabungan sangat berguna untuk masa depan juga hal-hal lain yang bersifat darurat. Bayangkan jika tidak punya tabungan, mungkin kamu harus mengutang dan hanya akan memperburuk kondisi keuangan.

5. Meminimalisir Penggunaan Kartu Kredit
Agar pembayaran menjadi lebih mudah dan praktis, biasanya kamu akan menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Penggunaan kartu kredit secara terus menerus secara tidak langsung membuat pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Pembayaran menggunakan kartu kredit umumnya dapat mendapatkan promo, sehingga dapat membayar lebih murah. Namun tanpa disadari, hal tersebut hanya akan membuat tagihan semakin membengkak.

Untuk itu, gunakan saja uang cash atau tunai untuk transaksi sehari-hari. Jika ingin lebih efisien, kamu bisa menggunakan uang elektronik atau e-Money.

6. Memantau Pengeluaran
Langkah yang terakhir memantau besar pengeluaran setiap bulannya. Sebaiknya, lakukan evaluasi apakah pengeluaran setiap bulannya sudah mencukupi atau masih kurang. Jika dirasa masih kurang, kamu bisa mengurangi nominal pengeluaran untuk hal-hal yang tidak menjadi prioritas, misalnya hiburan.

Demikianlah beberapa tips dalam mengelola keuangan keluarga. Penting untuk mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Dengan mengatur biaya pengeluaran rumah tangga secara bijak, kamu dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak terkontrol. Namun, jika kamu membutuhkan dana lebih untuk keperluan mendadak, Pinjaman dana online  (https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online) Cekaja.com bisa jadi solusi untuk keuangan kamu. Kamu bisa memilih pinjaman tanpa agunan maupun dengan agunan sesuai dengan kemampuan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

So, tunggu apalagi? Segera install aplikasinya di Smartphone dan dapatkan pinjaman dana tunai dalam waktu yang singkat!

1 komentar: