Selasa, 19 November 2019

Cara Hidup Hemat di Perkotaan

Hidup di perkotaan memang memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan di pedesaan. Hal ini tentu membutuhkan strategi hidup hemat terutama buat kamu yang tinggal di kos. Strategi hidup hemat sangat diperlukan supaya budget yang dimiliki bisa cukup untuk biaya hidup satu bulan. Selain itu, gaya hidup hemat bisa membuatmu mampu untuk menabung. Salah satunya dengan belanja toko kelontong.

Belanja di toko kelontong memang lebih murah dibandingkan saat kamu membeli barang di toko-toko yang lain. Memang di awal susah, apalagi jika kamu terbiasa dengan gaya hidup yang mewah. Tapi kamu harus percaya bahwa dengan gaya hidup yang hemat, banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Kondisi keuangan pun akan semakin sehat dan kebutuhanmu akan teratur. Siapa nih yang pengen hidup hemat?

Cara Hidup Hemat di Perkotaan

Berikut cara hidup hemat yang dapat kamu terapkan.

1. Atur skala prioritas
Salah satu yang membuat mengapa banyak orang berperilaku konsumtif adalah tidak adanya perbedaan antara apa yang diinginkan dengan apa yang dibutuhkan. Padahal keduanya jelas berbeda. Pembelian yang didasarkan atas keinginan dan bukan kebutuhan seringkali menjadi pemicu gaya hidup yang boros. Maka mulai dari sekarang, aturlah skala prioritas untuk mendahulukan apa yang kamu butuhkan.

2. Mengurangi kegiatan bersenang-senang
Hal ini bukan berarti membuat kamu tidak boleh jalan-jalan dan bersenang-senang. Tentu saja boleh namun dengan catatan jangan terlalu sering. Biasanya mall dan tempat bersenang-senang lainnya akan membuatmu tergoda untuk mengeluarkan banyak uang namun tidak terasa. Hingga akhirnya ketika pulang kamu baru menyadari bahwa sudah banyak yang dikeluarkan untuk bersenang-senang.

3. Hemat dalam berbelanja
Banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya hemat dalam berbelanja. Diantaranya adalah berbelanja di pasar tradisional, belanja toko kelontong, dan mengurangi belanja barang branded. Apalagi jika yang ingin kamu beli adalah barang kebutuhan sehari-hari, toko kelontong di sekitar tempat tinggalmu sebenarnya dapat memenuhinya dengan harga yang terjangkau.

4. Bijak dalam menggunakan kartu kredit dan e-commerce
Sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan sistem cashless dengan berbelanja menggunakan kartu kredit atau produk e-commerce. Seringkali karena menggunakan uang yang tidak terlihat, pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Selalu perhatikan berapa pengeluaranmu ya! Jangan sampai kemudahan pembayaran membuat pengeluaran bulananmu semakin tidak terkendali.

5. Deposito dan investasi
Cara ini dianggap paling efektif untuk menjaga keuangan yang dimiliki oleh individu terutama jika tinggal di perkotaan. Uang yang ditimbun dalam rekening tanpa menabung secara deposito maupun investasi membuat pemiliknya tergoda untuk menggunakannya. Maka dengan cara ini akan menjaga pemilik dari keinginan untuk mengambil uang sehingga tidak menjadi boros.

Demikian beberapa tips untuk hidup hemat di perkotaan. Selalu gunakan uang yang kamu miliki dengan bijak. Salah satunya dengan belanja toko kelontong. Lokasinya yang selalu ada di sekitar tempat tinggal dan harganya yang murah akan menguntungkanmu untuk tinggal di kota besar dengan biaya hidup yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar